Modul 4 - PERANCANGAN ER DIAGRAM MENGGUNAKAN DBDESIGNER
A. Tujuan
1. Mahasiswa mampu merancang basis data melalui tahap-tahap perancangannya.
2. Mahasiswa mampu mewujudkan hasil perancangan basis data ke dalam diagram E-R menggunakan DBDesigner.
B. Landasan Teori
1. Landasan teori pada modul 3
C. Alat dan Bahan
1. Komputer dengan sistem operasi Windows XP
2. Program aplikasi DBDesigner
3. Modul Praktikum Sistem Berkas dan Basis Data
D. Langkah-langkah Praktikum
1. Menggambarkan E-R diagram dengan menggunakan DB Designer :
a. Jalankan program DB Designer
b. Klik button new table. Kemudian klik pada area kerja sehingga akan menghasilkan tabel baru
c. Double klik pada tabel baru untuk membuka tabel editor, ganti nama pada table name dengan nama nasabah, kemudian isikan atribut tabel dengan data seperti pada langkah no.2 yaitu sebagai berikut :
d. Klik icon diamond pada coloumn name id_nasabah untuk mengeset id_nasabah menjadi primary key sehingga berubah menjadi simbol kunci.
e. Klik untuk munutup table editor sehingga tabel nasabah menjadi :
f. Lakukan langkah b sampai e untuk membuat tabel rekening, cabang_bank dan transaksi.
g.Setelah semua tabel dibuat, hubungkan setiap tabel dengan tabel lain dengan button sebagai berikut:
Keterangan : klik salah satu button kemmudian klik tabel yang akan dihubungkan.
h. Ubah nama relationship dengan membuka relationship editor, sehingga setelah selesai hasil akhir menjadi seperti berikut :
E. Analisa
Dalam pembuatan database harus ditentukan entitas beserta atribut yang menyertainya kemudian menentukan relasi antar entitas-entitas tersebut.
F. Tugas
Dari tugas pada modul 3 soal no.1 dan 2, buatlah rancangan basis data dari tahap 1 sampai4. Gunakan program DB Designer untuk membuat E-R Diagram.
1. Buat rancangan sebuah database untuk menangani data-data kuliah. Data-data yang akan ditanganinya adalah: data pribadi mengenai mahasiswa, data pribadi mengenai dosen, data matakuliah dan data ruang kelas. Mahasiswa boleh mengambil lebih dari satu mata kuliah, dan satu mata kuliah boleh diambil oleh lebih dari satu mahasiswa sekaligus (joint account).
Buatlah ER Diagram manual untuk kasus tersebut dari tahap 1- tahap 4!
1) Menentukan entitas:
· Mahasiswa: menyimpan semua data pribadi semua mahasiswa.
· Dosen: menyimpan semua data pribadi semau dosen.
· Matakuliah: menyimpan informasi tentang semua mata kuliah yang ada.
· Ruang: menyimpan informasi tentang semua ruang kelas yang digunakan.
2) Menentukan attributes:
· Mahasiswa:
o nama_mhs : nama lengkap mahasiswa (string)
o nim : nomor induk mahasiswa (integer) PK
o alamat_mhs : alamat mahasiswa (string)
· Dosen:
o nama_dos : nama lengkap dosen (string)
o nik : nomor induk kepegawaian (integer) PK
o alamat_dos : alamat lengkap dosen (string)
· Matakuliah:
o nama_mk : nama mata kuliah (string)
o sks : sks mata kuliah (integer)
o kode_mk : kode mata kuliah (integer) PK
o semester : semester mata kuliah (integer)
· Ruang:
o kode_ruang: kode untuk ruang kelas (string) PK
o kapasitas : kapasitas untuk ruang kelas (integer)
3) Menetukan relationship antar entitas:
Hubungan:
· Mahasiswa dibimbing oleh Dosen:
o Tabel utama: Dosen
o Tabel kedua: Mahasiswa
o Relationship: many to one (n:1)
o Attribute penghubung: nik (FK nik di Mahasiswa)
· Dosen membimbing Matakuliah:
o Tabel utama: Dosen
o Tabel kedua: Matakuliah
o Relationship: many to one (n:1)
o Attribute penghubung: nik (FK nik di Matakuliah)
· Mahasiswa mengambil Matakuliah:
o Tabel utama: Mahasiswa, Matakuliah
o Tabel kedua: Mahasiswa_has_Matakuliah
o Relationship: many to many (m:n)
o Attribute penghubung: nim, kode_mk (FK nim, kode_mk di Mahasiswa_has_Matakuliah)
· Ruang digunakan untuk Matakuliah:
o Tabel utama: Matakuliah
o Tabel kedua: Ruang
o Relationship: 1:1
o Attribute pendukung: kode_mk (FK kode_mk di Ruang)
4) Menggambar ER Diagram dengan DB Designer:
2. Ambil contoh sembarang database. Buatlah rancangan ER Diagram manuual database tersebut dari tahap 1 sampai tahap 4, dengan ketentuan database minimal mengundang 4 buah entitas
Database karyawan perusahaan
Tahap 1. Penentuan Entitas :
• Karyawan : berisi data-data karyawan
• Ruang_kerja: meniyimpan data ruang kerja
• Cuti : berisi daftar cuti
• Fasilitas: berisi daftar fasilitas yang tersedia
Tahap 2. Penentuan Atribut :
• Karyawan:
o NPK : Nomor pokok karyawan (integer)PK
o Nama_karyawan : nama lengkap karyawan (string)
o Jabatan : status jabatan karyawan
• Ruang_kerja :
o Kode_ruang : nomor ruang kerja (integer)PK
o Lokasi_ruang : lokasi ruang kerja (String)
• Cuti :
o No_register : nomor registrasi cuti(integer)PK
o Jenis_cuti : jenis cuti yang diambil (string)
o Tanggal : waktu cuti (date/time)
• Fasilitas :
o No_register : nomor registrasi fasilitas (integer)PK
o Jenis_fasilitas: jenis fasilitas yang digunakan (string)
Tahap 3. Penentuan Relationship :
Hubungan :
• Karyawan menggunakan ruang_kerja :
o Tabel utama karyawan
o Tabel kedua : ruang_kerja
o Relationship : many-to-one (n:1)
o Attribute penghubung : npk (FK npk , npk di ruang_kerja)
• Cuti diambil karyawan :
o Tabel utama : cuti
o Tabel kedua : karyawan
o Relationship : One-to-many (1:n)
o Attribute penghubung : no_register (FK no_register di karyawan)
• Karyawan memakai fasilitas :
o Tabel utama : karyawan , fasilitas
o Tabel kedua : karyawan_memakai_fasilitas
o Relationship : many-to-many (m:n)
o Attribute penghubung : npk, no_register (FK npk, no_register di karyawan_memakai_fasilitas)
Tahap 4. Pembuatan ERD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar